Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

codename.isalAvatar border
TS
codename.isal
[AMH Challenge #3] Production I.G: Pelopor Pegunaan CGI Dalam Industri Anime


Kalo kalian pernah nonton anime terkenal "Ghost in the Shell," mestinya kalian juga kenal studio anime yang satu ini nih, Production I.G.

Yap, nama Production I.G semakin melejit berkat kesuksesan film anime bertema futuristik yang studio ini buat di tahun 1995, yang juga berdasarkan cerita manga karya Masamune Shirow berjudul sama, "Ghost in the Shell."

Ghost in the Shell juga dianggap sebagai salah satu film anime terbesar sepanjang masa, para kritikus memuji Production I.G yang menggunakan kombinasi animasi tradisional dan animasi CGI, dimana saat itu teknologi CGI masih belum banyak digunakan oleh studio-studio anime lain.



Production I.G adalah sebuah studio dan perusahaan produksi anime Jepang yang berkantor pusat di Musashino, Tokyo, Jepang. Didirikan pada 15 Desember 1987, oleh Mitsuhisa Ishikawa. Huruf Idan G disini berasal dari inisial nama pendirinya, Mitsuhisa Ishikawa dan seorang character designer terkenal, Takayuki Goto.

Production I.G menjadi salah satu pelopor dari teknik animasi digital yang dikenal baik dalam mengkombinasikan komposisi digital, efek digital, storyboarding digital, dan digital color grading dalam industri anime. Hal ini membuat Production I.G lebih dianggap sebagai laboratorium anime ketimbang hanya sekedar sebuah studio. emoticon-Big Grin

Selain terkenal dalam menciptakan anime-anime bertema futuristik, science-fiction atau "cyberpunk," Production I.G juga bisa menciptakan anime bertema lain yang sukses mendapatkan rating positif dari para penonton maupun kritikus. Sebut saja contohnya:


Haikyuu!!



Bercerita tentang seorang siswa SMP, Shoyo Hinata yang sangat mencintai voli dan bermimpi untuk bisa bertanding di kejuaraan nasional. Meskipun memiliki tubuh pendek, Shoyo ingin mengikuti jejak pemain bintang yang dijuluki "Raksasa Kecil," setelah melihatnya bertanding.

Serial anime ini dianggap sebagai anime sport terbaik sepanjang masa! Kalian setuju? Kalo ane sih setuju! Serial anime ini punya rating yang sangat tinggi untuk ukuran anime sport.

Sejak pertama kali dirilis di tahun 2014, Production I.G sudah membuat "Haikyuu!!" sepanjang 3 season. Dan karena manga-nya juga masih on-going, kemungkinan besar serial anime ini juga akan masih berlanjut. emoticon-Cool


Ballroom e Youkoso



Mengisahkan tentang seorang siswa bernama Tatara Fujita yang tak punya tujuan jelas setelah ia lulus nanti. Lalu secara kebetulan ia bertemu seorang dancer profesional sekaligus champion, Kaname Sengoku yang membuatnya tertarik untuk terjun ke dunia dansa kompetitif.

Serial anime ini tayang dari Juli sampai Desember 2017 sepanjang 24 episode. Menurut ane, ini adalah serial anime terbaik sepanjang tahun 2017 kemarin.

Status manga-nya sendiri masih on-going, dan karena mangaka-nya sering hiatus karena sakit, kemungkinan sekuel "Ballroom e Youkoso" belum bisa kita nikmati dalam waktu dekat. (Kangen lihat duet Tatara-kun x Chinatsu-chan lagi... Damn! Bikin baper...) emoticon-Frown


Psycho-Pass



Jangan lupa juga "Psycho-Pass," anime bertema cyberpunk lain buatan Production I.G. Psycho-Pass sendiri memang terinspirasi dari proyek Ghost in the Shell. Production I.G berusaha mengulangi kesuksesannya terdahulu dengan Ghost in the Shell. Bedanya cerita Psycho-Pass ini adalah original story dan bukan berdasarkan serial manga.

Psycho-Pass berlatar era futuristis dimana pada saat itu Sistem Sibyl, suatu jaringan pemindai psikometri kuat, aktif mengukur pikiran dan mentalitas setiap orang menggunakan suatu "psychometric scan" pada otak. Penilaian yang dihasilkan dari scan itu disebut "Psycho-Pass."

Kemungkinan seseorang melakukan tindak kejahatan diukur dengan indeks "Koefisien Kejahatan." Apabila indeks tersebut melebihi suatu batas yang dapat diterima, maka orang tersebut akan dikejar, ditangkap, dan bahkan jika diperlukan dibunuh oleh polisi.

Plot cerita "Psycho-Pass" berfokus pada Akane Tsunemori, seorang inspektur polisi baru di Unit Satu dari Divisi Investigasi Kriminal pada Biro Keselamatan Publik. Ia bersama Shinya Kogami, seorang Penegak di bawah pengawasannya dan juga rekan-rekannya bekerja sama memberantas para pelaku tindak kejahatan.

Sejak awal kemunculan anime ini di tahun 2012, sudah ada 2 season serial anime dan 1 film anime hingga sekarang. Dan kabarnya di tahun 2019 akan ada proyek baru dari Psycho-Pass. emoticon-Cool

Selain anime-anime diatas, beberapa karya terkenal dari Production I.G adalah:

  • Patlabor: The Movie(1989)
  • Patlabor 2: The Movie (1993)
  • The End of Evangelion (1997, bersama GAINAX)
  • Neon Genesis Evangelion: Death & Rebirth (1997, bersama GAINAX)
  • Popolocrois Monogatari (1998–1999, bersama Bee Train)
  • Jin-Roh: The Wolf Brigade (2000)
  • Ghost in the Shell: Stand Alone Complex (2002–2005)
  • Blood+ (2005–2006)
  • Idaten Jump (2005, bersama Trans Arts)
  • xxxHolic (2006–2008)
  • Blade of the Immortal (2008, bersama Bee Train)
  • Eden of the East (2009)
  • Blood-C (2011)
  • Guilty Crown (2011–2012)
  • Kuroko no Basket (2012–2015)
  • The New Prince of Tennis (2012, bersama M.S.C.)
  • Shining Hearts: Shiawase no Pan (2012)
  • Robotics;Notes (2012–2013)
  • Shingeki no Kyojin (2013–sekarang, bersama Wit Studio) [Note: Production I.G dan Wit Studio masih berada dalam satu perusahaan induk yang sama, IG Port]
  • Ace of Diamond (2013–2016, bersama Madhouse)
  • Ghost in the Shell: Arise (2015)
  • Ghost in the Shell Arise – Alternative Architecture (2015)
  • Joker Game (2016)
  • B: The Beginning (2018, bekerja sama dengan Netflix)
  • dan lain-lain...

Dengan sejarah dan portfolio yang panjang, serta beberapa terobosan yang mereka buat, tentu menjadikan Production I.G sebagai pemain besar dalam percaturan industri anime di Jepang saat ini. Dan Production I.G juga merupakan salah satu studio favorit ane.
emoticon-Cool


Referensi:
Wikipedia . MyAnimeList
Diubah oleh codename.isal 21-09-2018 23:20
tata604
tata604 memberi reputasi
4
4.1K
11
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan