harrywjyyAvatar border
TS
harrywjyy
5 Kota Paling Intoleran di Indonesia Berdasarkan Hasil Riset! Kotamu Ada?

Sumber Gambar

Toleransi merupakan salah satu hal yang harus dijaga bagi umat beragama seperti di Indonesia ini. Dengan banyaknya suku, agama dan ras di Indonesia, bukan tak mungkin terkadang timbul perselisihan di antara warganya. Untuk itu perlu dibangun perasaan saling menghargai satu sama lain demi mencegah perpecahan.

Jika dikatakan menjunjung tinggi toleransi, Indonesia yang sudah berdiri puluhan tahun ini bisa dibilang toleran walau di beberapa daerah kerap terjadi konflik agama yang kurang mengenakkan. Seperti penutupan rumah ibadah, pembubaran kegiatan keagamaan dan berbagai diskriminasi lain terhadap agama minoritas khususnya.

Setara Institue telah melakukan riset terhadap daerah mana saja yang dikenal sebagai daerah yang memiliki tingkat toleransi tinggi. Berdasarkan riset yang mereka lakukan, Kota Singkawang di Kalimantan Barat menempati urutan ke-1 sebagai kota paling toleran di Indonesia. Kota ini menjadi salah satu kota terkenal di Kalimantan Barat selain Pontianak yang memiliki keberagaman kuliner.


Sumber Gambar

Lalu kota apakah yang paling tidak toleran di Indonesia? Untuk bisa mengetahuinya, kita hanya perlu membalikkan urutan menjadi lima kota yang menempati urutan terbawah. Kota apa sajakah itu?

1. Kota Cilegon.Kota Cilegon yang berada di Provinsi Banten menjadi kota dengan paling intoleran di Indonesia. Atau dengan kata lain menduduki peringkat terakhir di posisi 94. Kalau tidak salah, di kota ini pernah ada penutupan warung makan saat puasa ya? Yang sempat viral karena magic com-nya diambil.

2. Kota Depok. Ini dia, kota tempat tinggal TS rupanya menjadi kota intoleran nomor dua. TS sendiri masih belum paham dari mana Depok menjadi kota yang intoleran. Apa karena banyaknya ormas di sini? Tapi kalau ormas di Bekasi juga banyak. Sejauh ini, TS masih nyaman-nyaman saja di Depok.


Sumber Gambar

3. Kota Padang. Rupanya, salah satu kota besar di Sumatera Barat sekaligus Ibukota Provinsi ini turut mengisi daftar kota paling intoleran. Kota Padang menempati posisi ke 92 pada index kota paling toleran di Indonesia. Masuk ke dalam 5 kota terbawah di peringkat ini.

4. Kota Sabang. Salah satu kota paling barat di Indonesia. Kita tahu sendiri kalau Sabang berada di provinsi Aceh Darussalam yang memiliki aturan agama yang ketat. Jadi mungkin berawal dari situ, kota ini menjadi kota yang intoleran. Tapi kenapa hanya Sabang ya?

5. Kota Mataram. Kota yang satu ini berada di NTB (Nusa Tenggara Barat). Kota yang menjadi jantung Pulau Lombok ini rupanya menjadi salah satu dari kota paling intoleran di Indonesia. Kota dengan julukan kota seribu masjid ini menempati urutan nomor 90.


Sumber Gambar

Tidak dijelaskan secara detail mengenai metode apa yang digunakan dalam melakukan riset ini. Meski begitu, hasil riset ini mungkin bisa jadi bahan evaluasi bagi pemkot terkait. Terutama yang memiliki julukan kota religius. Sayang tidak ada data yang jelas, padahal kalau ada Pemkot bisa tahu di bagian mana saja yang perlu dievaluasi dalam masyarakat.

emoticon-2 Jempol

Kalian apakah setuju dengan riset ini? Apakah kota kalian ada dalam daftar? emoticon-Bingung (S)

Sumber: Link Referensi 1, Link Referensi 2
Tulisan dan Narasi Pribadi


emoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Gan
koi7
yasyah81
AgusLie007
AgusLie007 dan 25 lainnya memberi reputasi
24
9.2K
247
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan